Pengikut

Mengenal Dasar HTML



Untuk membangun suatu situs atau halaman web, kamu terlebih dahulu harus mengerti mengenai HTML. HTML terdiri atas tag tag yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Tag adalah kode yang berada diantara tanda < dan >. Bentuk umum dari suatu tag diawali dengan <nama tag>, kemudian teks yang akan dimasukkan, dan diakhiri dengan </nama tag>.

Elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML dinyatakan dengan tag <html>, <head>, dan <body> berikut tag-tag pasangannya. Elemen head berisi informasi mengenai dokumen tersebut dan elemen body berisi teks yang sebenarnya, tersusun atas link, grafik, dan elemen lainnya. Dokumen web dibagi menjadi 2 bagian (section), yaitu section head dan section body. Setiap dokumen HTML harus mempunyai pola dasar sebagai berikut.

<html>
<head>...informasi mengenai html
</head>
<body>
...informasi yang ditampilkan dalam halaman web
</body>
</html>

Setiap dokumen HTML harus diawali dengan menuliskan tag <html> dan </html> di akhir dokumen. Elemen head diawali dengan tag <head> dan diakhiri dengan </head>. Elemen ini berisi informasi mengenai dokumen HTML. Informasi minimal berupa judul dari dokumen yang akan ditampilkan pada caption bar dari windows browser, ditandai dengan tag <title> dan </title>. Elemen body diawali dengan tag <body> dan </body> diakhir.

No comments:

Post a Comment

You Comment I Follow

 

Mengenai Saya

Most Reading

Powered by Blogger.