Pengikut

Kelebihan/Kekurangan Hosting Gratis dan Berbayar


Tips memilih hosting
Jika anda ingin menjadi seorang blogger profesional normalnya anda akan membutuhkan hosting untuk menyimpan data-data blog anda. Ada dua type hosting yang bisa anda gunakan, hosting gratis dan hosting berbayar. Setiap pilihan pastinya menyisakan kelebihan dan kekurangan. Apa kekurangan hosting gratis dan apa kelebihan hosting berbayar akan kita bahas pada kesempatan posting kali ini.

Hosting adalah almari online untuk menyimpan seluruh data yang yang terbaca dalam blog. Website/blog hanya sebuah media untuk menampilkan, isi dari blog tersebut sejatinya ditampung oleh hosting. Khusus untuk pengguna platform blogger anda tidak perlu untuk membeli hosting lagi karena anda sudah mendapatkannya secara gratis. Ini adalah salah satu keuntungan jika anda ngeblog menggunakan blogger.com

Meskipun ngeblog menggunakan blogger/blogspot anda tidak perlu lagi membeli paket hosting bukan berarti anda tidak dianjurkan untuk menggunakan layanan hosting premium. Kembali pada tujuan anda ngeblog, kalau tujuan anda adalah untuk menciptakan blog yang professional dengan planning untuk memonetisasi blog tersebut atau untuk tujuan penting lainnya, maka anda tetap membutuhkan hosting (self hosting) karena dengan demikian blog anda akan tampak berkelas dan memang banyak keuntungan yang bisa anda dapat darinya.

Bagaimana dengan sobat blogger yang dalam hal ini ngeblog pake platform selain blogspot? Misalkan anda menggunakan wordpress.org dimana anda harus memiliki hosting sendiri karena wordpress.org berupa self hosting. Anda harus menyewa hosting sendiri, dan anda bisa menggunakan hosting gratis dari penyedia hosting gratis atau anda bisa membelinya. Inilah yang akan kita bahas, mana satu yang lebih cocok untuk dipilih. Yang berbayar atau yang free?

Setiap layanan gratis cendrung serba keterbatasan, begitu juga dengan hosting. Anda bisa menghemat uang anda dengan menggunakan free hosting, tapi disisi yang lain anda tidak dapat menikmati fitur-fitur penting jika memilih hosting gratis. Sementara jika anda menggunakan hosting yang berbayar anda mendapatkan akses dan fitur unlimited dari penyedia hosting yang anda gunakan. Sebenarnya banyak kerugian jika anda ngeblog menggunakan wordpress self hosting tetapi anda menggunakan hosting gratisan.

Berikut beberapa hal yang membedakan antara hosting gratisan dengan hosting berbayar

Kelebihan Hosting gratisan
Tidak perlu membeli

Kekurangan hosting gratisan
Fitur terbatas
Akses terbatas
Kinerja blog tidak bisa maksimal
Tidak dapat melakukan backup data
Tidak mendapat layanan customer service
Tidak diberikan notifikasi ketika layanan akan ditutup (sebagian diberikan pemberitahuan)
Data tidak aman
Tidak bisa memasang iklan di blog
Sebagian hosting gratisan mencantumkan brand hosting tersebut

Kekurangan hosting berbayar
Harus membeli
Rugi jika harus membeli hosting , tapi blog tidak menghasilkan uang.
Secara keseluruhan harga hosting masih mahal

Kelebihan hosting berbayar
Mendapatkan fitur yang tidak terbatas
Professional
Blog mudah di optimasi
Dukungan plugin SEO yang sangat bagus
Memudahkan anda untuk mendapatkan penghasilan online
Data anda aman
Support costumer service yang baik

Kesimpulan & rekomendasi
Jika anda tidak ingin terbebani karena harus membeli hosting, maka sebaiknya andangeblog menggunakan blogger/blogspot saja. 
Apabila anda benar-benar serius ingin menekuni bidang blogging untuk jangka waktu yang panjang dan anda memilih platform wordpress self hosting sebagai pilihan, jangan menggunakan hosting gratisan. Sejauh ini hosting gratisan bukan pilihan yang tepat untuk anda. Hosting gratisan memiliki banyak kekurangan, salah satunya anda tidak diperbolehkan memasang iklan di blog.

baca juga arikel : http://worldofmilanisti.blogspot.com/2012/10/antara-blogspot-dan-wordpress-info.html

1 comment

  1. sebaiknya coba dulu yang gratisan lalu coba yang berbayar supaya tau perbedaannya :D

    ReplyDelete

You Comment I Follow

 

Mengenai Saya

Most Reading

Powered by Blogger.