Pengikut

Pegagan Mencerdaskan Otak


Jika anda sering berjalan-jalan di tepi sawah, tentunya anda akan menemui tanaman yang tumbuh menjalar disebut dengan pegagan. Di Bali tanaman ini disebut juga daun piduh. Dengan bentuk daunnya yang berukuran bulat kecil menyebabkan daun pegagan sering diremehkan orang. Padahal pegagan mempunyai sejuta khasiat untuk kesehatan kita. Pegagan dengan nama latin Centella Asiatica merupakan tanaman yang sangat berkhasiat bagi otak. Tanaman ini biasa tumbuh liar di kebun, ladang, pematang sawah atau di tepi jalan. Tanaman ini baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Sbagai pengganti ginko biloba yang terdapat dalam suplemen sintetis.


Sebagian besar pengobatan tradisional atau herbalis merekomendasikan tumbuhan pegagan ini sebagai tumbuhan yang dapat memperkuat fungsi saraf, guna paling terkenal dari daun ini, yaitu bisa memberikan energi bagi otak.
Banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh daun pegagan, namun para herbalis kadang menekankan manfaat daun ini pada fungsi utama untuk kecerdasan.
Dalam pengobatan Ayurveda, meminum ekstrak daun pegagan (Centella Asiatica) dianggap sebagai tonik otak sehingga digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi gangguan saraf, epilepsi, kepikunan, dan penuaan dini.
Di India, pegagan dianggap sebagai herba yang paling spiritual. Tumbuh di beberapa daerah pegunungan Himalaya, pegagan digunakan oleh para yogi untuk meningkatkan meditasi. Mereka menggunakan pegagan untuk mengembangkan cakra mahkota�pusat energi yang letaknya di ubun-ubun kepala untuk menyeimbangkan kinerja otak kanan dan kiri.
Penduduk asli Indiadan Malaysia konon suka menanam dan menyimpan pegagan dalam bentuk ready stock, agar siap digunakan sewaktu-waktu. Oleh warga dua bangsa ini pegagan lazim disimpan dalam bentuk kering untuk mengobati beragam penyakit. Terkadang mereka juga membuat jus daun segar, yang diminum untuk menghilangkan pusing ringan.

Sumber : Berbagai sumber dan buku



Semoga bermanfaat dan terima kasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini dan tunjukan rasa terima kasih anda dengan berkomentar tentang artikel ini juga jangan lupa untuk menshare blog saya ini.
terima kasih  

No comments:

Post a Comment

You Comment I Follow

 

Mengenai Saya

Most Reading

Powered by Blogger.