Pengikut

Menghitung Masa Subur Wanita

Masa subur seorang wanita adalah saat ketika wanita sedang dalam tahap siap dibuahi. Sel telur atau ovum pada masa subur dalam kondisi mudah dibuahi.
Jika pada masa subur dilakukan hubungan seks, maka kemungkinan atau peluang untuk terjadinya kehamilan lebih besar.

Susah Punya Anak

Bagi pasangan yang susah punya anak atau memiliki masalah dengan kesuburan, tentunya bisa mulai memperhatikan kapan masa subur pasangan wanitanya. Dengan aktif berhubungan seks pada periode masa subur, peluang terjadinya kehamilan, yaitu sperma membuahi sel telur, akan lebih besar.

KB Kalender

Namun, bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan, tapi tidak ingin menggunakan alat kontrasepsi, bisa mencoba suatu metode yang dikenal dengan nama KB Kalender. Pada KB Kalender, pasangan akan menghindari berhubungan seks pada masa subur. Mereka akan berhenti berhubungan seks kira-kira 3 hari sebelum dan sesudah masa subur.
Meski demikian, KB Kalender tidaklah selalu menjamin tidak terjadinya pembuahan. Ada sperma yang mampu bertahan dalam vagina seorang wanita hingga masa subur dan akhirnya membuahi sel telur. Oleh karena itu, penggunaan alat kontrasepsi lainnya untuk menunda kehamilan atau menjaga agar tidak hamil, sangatlah diperlukan.
Bagi seorang wanita yang siklus haid atau menstruasi teratur, menghitung masa subur akan lebih mudah. Dengan mengetahui kapan hari pertama dari haid terakhir, kita bisa menghitung kapan perkiraan masa suburnya. Selain itu, tanda-tanda seperti kulit yang lebih halus, wajah yang lebih cantik, serta temperatur tubuh wanita yang lebih hangat, juga bisa menjadi pertanda masa subur.
Saat ini juga sudah dijual juga alat untuk mengetes masa subur atau tes ovulasi. Cara penggunaannya mirip dengan alat tes kehamilan. Alat ini sudah tersedia di berbagai apotik dan toko obat.
Namun, jika Anda ingin menghitung kapan masa subur Anda, dengan catatan Anda sudah mencatat kapan hari pertama dari haid terakhir Anda, maka Anda bisa menggunakan kalkulator masa subur berikut ini sebagai acuan kapan periode masa subur seorang wanita.
 

Mengenai Saya

Most Reading

Powered by Blogger.